Sabtu, 21 Maret 2015

CANDI di YOGYAKARTA

Borobudur Temple
CANDI BANYUNIBO merupakan peninggalan dari abad IX. Candi ini juga disebut "Si Sebatang Kara Banyu Nibo" karena lokasinya yang terpencil di tengah persawahan dan rumpun pisang terpisah dari ...»»»

CANDI GEBANG ini tanpa relief atau polos, ini menunjukkan bahwa candi ini berasal dari periode yang tua (kurang lebih 730-800 M). Bangunan candi berbentuk bujur sangkar dengan satu bilik, berukuran 27,3 m2 atau 5,25m x tinggi 7,75 m... »»»

CANDI KALASAN mempunyai tinggi 34 meter, panjang dan lebar 45 meter ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian bawah atau kaki candi,tubuh candi dan atap candi. Di sekeliling candi terdapat stupa dengan tinggi kurang lebih 4,60 dan berjumlah 52 buah. Stupa-stupa tersebut ... »»»

CANDI PLAOSAN merupakan candi Budha, terdiri atas dua candi utama yang terletak berdampingan. Relief ukiran yang terletak di bagian selatan candi menggambarkan tentang laki-laki dan candi yang lain menggambarkan tentang wanita. Keistimewaan lain dari candi ini adalah candi Perwata yang meniru bentuk stupa. ... »»»

CANDI KEDULAN memiliki arsitektur mirip Candi Sambisari, tapi dengan seni hias yang lebih kaya. Dari segi hiasannya, justru mendekati hiasan Candi Ijo dan Candi Barong...»»»

CANDI BARONG berdasarkan bentuk bangunan, pola hias, arca dan ornament bangunan, candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad IX-X Masehi. Latar belakang keagamaan candi ini adalah Hindu candi ini berfungsi ... »»»

CANDI SEWU merupakan kompleks candi berlatar belakang agama Buddha terbesar di Jawa tengah di samping Borobudur, yang di bangun pada akhir abad VIII M. Candi Sewu dahulu merupakan candi kerajaan dan salah satu pusat kegiatan keagamaan... »»»

CANDI PRAMBANAN merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, tinggi 47 m, dibangun pada abad 9.Candi utama yaitu Candi Syiwa (tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara). Didepannya terletak Candi Wahana (kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angkasa adalah kendaraan Brahma (Dewa Penjaga), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Dewa Perusak) dan Candi Garuda ... »»»

CANDI RATU BOKO merupakan perpaduan bangunan Budha dan Hindhu, yang dapat dilihat dari unsure Budha antara lain stupa, lempengan emas dan perak yang bertuliskan mantra yang berbunyi Ye-Te Swaha, sedangkan unsur Hindu antara lain dapat dilihat adanya tiga candi kecil... »»»

CANDI IJO merupakan kompleks percandian yang terdiri atas beberapa bangunan dengan halaman berupa teras-teras berundak. Halaman yang paling suci berada si bagian belakang dan paling atas. Hal tersebut mengingatkan pada salah satu hasil kebudayaan megalitik yang berupa bangunan punden... »»»
CANDI SARI terdiri atas tiga ruangan atau bilik yang berjajar yang masing-masing dihubungkan dengan lubang pintu diantara tembok pemisah. Pada bagian tubuh candi bagian luar terpahat arca arca yang diletakkan menjadi dua baris diantara jendela. Arca ini merupakan Dewa Bodisatwa...»»»
  
CANDI SAMBISARI merupakan candi Hindu beraliran Syiwaistis dari abad ke-X dari keluarga Syailendra ini berada di wilayah kabupaten Sleman propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat penggalian kompleks candi Sambisari juga ditemukan benda-benda bersejarah lainnya, misalnya perhiasan, tembikar, prasasti lempengan emas. Dari penemuan tersebut didapat perkiraan bahwa candi Sambisari dibangun tahun 812-838 M saat pemerintahan Raja Rakai Garung dari Kerajaan Mataram Hindu (Mataram Kuno)...»»»

CANDI BUBRAH merupakan candi Budha yang dibagun di akhir abad ke-9, yang identik dengan Candi Sewu...»»»

CANDI MORANGAN, dalam komplek candi ini ditemukan arca resi dan sejumlah arca lain di dalam relung-relung candi. Arca-arca ini sebagian besar belum dapat diidentifikasikan. Kecuali itu Candi Morangan belum dapat diamati secara sempurna karena bangunan...»»»


CANDI SOJIWAN merupakan sebuah komplek candi Budha. Candi induk menghadap ke arah barat.Pintu candi memiliki penampil yang menjorok ke depan juga dilengkapi tangga bersayap yang ujungnya relief Kalamakara...»»»

CANDI LUMBUNG merupakan bangunan suci Budha. Candi utama dikelilingi oleh 16 candi kecil-kecil...»»»


Tidak ada komentar:

Posting Komentar